Lebih Untung Membeli Mobil Bekas atau Baru?

Hai, Sobat BFI! Tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki kendaraan terutama mobil, menjadi kebutuhan atau impian sebagian orang. Dengan memiliki kendaraan bermotor berupa mobil, Anda dapat melakukan mobilisasi jarak jauh dengan rasa nyaman tanpa terkena panas ataupun hujan. 

Dikarenakan keunggulan dan kenyamanan yang ditawarkan, sebagian orang lebih memilih kendaraan ini sebagai alat transportasi. Sehingga, banyak konsumen atau pembeli yang membeli mobil baru atau bekas dengan metode kredit maupun tunai. Lalu, manakah yang lebih menguntungkan, membeli mobil bekas atau baru? Simak ulasannya di bawah ini. 

Keputusan Membeli Mobil Bekas

Jika Anda memutuskan mobil bekas, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Pertama adalah harga yang jauh lebih murah. Bukan hanya dari sisi harga saja, banyak lembaga berupa bank ataupun lembaga pembiayaan yang memberikan fasilitas cicilan mobil bekas dengan harga dan suku bunga yang lebih rendah. Tentunya angsuran per bulannya menjadi lebih ringan. 

Selanjutnya adalah faktor keberuntungan, tidak sedikit mobil bekas dijual dengan performa dan kondisi yang cukup terawat. Sehingga, Anda bisa mendapatkan mobil dengan kondisi baik. Keuntungan lainnya adalah Anda dapat langsung menggunakan mobil tersebut tanpa perlu menunggu surat dan kelengkapan mobil seperti STNK, BPKB, dan nomor pelat diserahkan (berlaku untuk membeli secara cash/tunai). 

Membeli mobil bekas juga memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama, jika Anda tidak beruntung dan mengerti secara mendalam tentang mobil, bisa saja Anda mendapatkan mobil bekas dengan performa yang kurang baik atau telah dicurangi penjual yang mengakali jumlah kilometer, menyembunyikan kondisi mobil sebelum dijual, dan lain sebagainya. Selain itu, jika Anda berniat untuk menjualnya kembali, tentu harganya akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil baru. 

Keputusan Membeli Mobil Baru 

Sebaliknya, jika Anda memutuskan membeli mobil baru, ada beberapa kekurangan yang akan didapat. Hal yang pertama adalah dari segi nominal uang, budget yang Anda keluarkan tentu akan jauh lebih banyak dibanding membeli mobil bekas. Berikutnya adalah Anda tidak dapat menggunakan mobil tersebut sebelum surat dan kelengkapan mobil sudah selesai diurus. 

Namun, dibalik konsekuensi tersebut, Anda tidak perlu repot mengkhawatirkan performa mobil yang dibeli, karena performa sudah dipastikan baik. Selain itu, dengan membeli mobil baru, Anda akan mendapatkan garansi atau keuntungan berupa servis gratis dalam periode waktu tertentu. Jika Anda berniat menjual kembali mobil yang telah dibeli, Anda juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih tinggi. 

Nah, itu adalah ulasan tentang membeli motor baru atau bekas ala BFI Finance. Semua pilihan tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Kedua pilihan pun tidak ada yang baik ataupun yang lebih buruk. 

Setelah membeli mobil, pastikan BPKB atau surat penting lainnya disimpan di tempat yang aman, karena barang tersebut sangatlah bernilai. BPKB dapat digunakan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar. Apabila Anda sedang membutuhkan dana pinjaman cepat, Anda bisa mengajukan pinjaman di BFI Finance dengan jaminan BPKB mobil. Klik di sini untuk mengajukan pinjaman dan mendapatkan promo pengajuan dari BFI Finance.