Belajar Bisnis Kopi Kekinian dari Kopi Kenangan

Siapa yang tidak tahu dengan Kopi Kenangan? Salah satu ritel food & beverage ini menjadi Unicorn F&B pertama di Indonesia setelah mendapatkan suntikan dana hingga 1,37 Triliun dari pendanaan seri C. Bisnis kopi kekinian ini hingga sekarang menjadi bisnis minuman yang masih diminati oleh berbagai pasar, mulai dari remaja hingga dewasa.

Selain memiliki rasa yang nikmat, harga Kopi Kenangan juga cukup terjangkau untuk produk kopi yang berkualitas. Tidak hanya itu, merek kopi kekinian ini juga memiliki strategi berupa branding yang kuat. Sesuai dengan namanya, Kopi Kenangan memiliki merek dagang dengan kata “kenangan” yang lekat dengan sebuah ingatan dari sebuah kejadian.

Kopi Kenangan juga melabeli beberapa menu, paket, dan sebutan barista dengan istilah-istilah dalam percintaan seperti menu kopi kenangan mantan, paket PEKA, baperista, status pacaran dalam aplikasi, dan lain sebagianya sebagai bentuk branding.

Keberhasilan Kopi Kenangan juga disertai dengan keberanian dari pemilik utama bisnis, Edward Tirtanata, yang memulai bisnisnya diawali menjual 700 gelas kopi. Untuk mengembangkan usahanya, Edward mulai berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman dengan menjual produknya melalui ojek online. Dengan tekad dan inovasinya, dalam 3 bulan pertama, ia berhasil balik modal dari gerai pertama. Sekarang, ia memiliki 600 gerai di 45 kota. Tak berhenti sampai di situ, Kopi Kenangan juga mengembangkan bisnis dengan membuka gerai Chingo, Cerita Roti, dan Kukis Kenangan Manis yang termasuk dalam kategori makanan dan dapat dipesan melalui aplikasi khusus produk Cerita Roti dan Chingo melalui ojek online.

Hal yang Bisa Dipelajari dari Kopi Kenangan

Kopi Kekinian

Anda dapat belajar bahwa untuk memulai dan mengembangkan suatu bisnis dibutuhkan :

  • Tekad kuat dan paham bahwa risiko akan selalu ada dalam setiap kesempatan. Namun, dengan adanya risiko yang ada, tidak boleh membuat Anda takut dan menyerah saat memulai bisnis atau usaha.
  • Jangan takut gagal merupakan tips memulai bisnis karena pada dasarnya kegagalan dapat menjadi kunci awal dari kesuksesan. Terus belajar dan disiplin juga perlu Anda tanamkan dalam diri agar bisnis yang dikembangkan dapat terus bertahan.
  • Sebelum memulai bisnis pastikan untuk memiliki visi dan misi yang jelas termasuk rencana pemasaran, target pasar, dan investor. Kopi Kenangan sendiri memiliki misi untuk menyebarkan produk kopi berkualitas dari Indonesia ke seluruh Asia dengan rencana pemasaran secara online dan offline.
  • Yang terkahir adalah modal. Untuk urusan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance. Adapun produk yang bisa Anda pilih seperti pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah atau BPKB kendaraan. Dengan menjaminkan aset yang Anda miliki, Anda bisa mendapatkan 2 keuntungan berupa tetap bisa menghuni rumah atau menggunakan kendaraan tanpa perlu menjualnya ditambah mendapatkan modal usaha. Untuk mengajukan modal usaha Anda, klik form berikut ini.