3 Tips Usaha Sukses Saat Pandemi

Bagi Anda yang menjalankan usaha di tengah pandemi ini, tentunya memahami bahwa tantangan bisnis di tengah pandemi ini lebih besar dibanding kondisi biasanya. Yuk, simak 3 tips usaha sukses ini agar usaha Anda bisa tetap berkembang di tengah pandemi!

Ketika pandemi mulai, sebagian besar UMKM mengalami penurunan margin di tahun 2020. Namun, kabar baiknya, tahun ini sebagian besar UMKM mulai bangkit kembali.  Ekonom Universitas Indonesia dan Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal melihat bahwa ada peluang besar bagi UMKM untuk bangkit. Salah satunya dipengaruhi karena adanya vaksinasi yang telah digencarkan di seluruh daerah. Fithra pun mengajak para pelaku UMKM untuk meniru pelaku UMKM lain yang berhasil bertahan.

Memang, pandemi belum selesai dan masih banyak tantangan yang menanti kedepannya. Namun, menjalankan bisnis yang sukses di tengah pandemi bukanlah sesuatu yang mustahil. Dikutip dari SmartMoney, ada beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan bagi para pelaku UMKM untuk bertahan selama pandemi.

Yuk, simak tips usaha sukses yang bisa Anda tiru untuk bisnis Anda!

Tips usaha

Melek Digital

Kunci pertama sebuah usaha sukses saat pandemi adalah melek secara digital. Terlebih lagi, di tengah pandemi ini, banyak pembeli yang bertransaksi secara online. Peluang ini harus Anda manfaatkan semaksimal mungkin dengan mengadopsi teknologi. Hal ini bisa menjadi kunci untuk mendongkrak transaksi hingga berkali-kali lipat. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menjalankan usaha secara online. Salah satunya adalah bermitra dengan layanan pengiriman online atau kolaborasi dengan platform e-commerce. Hal ini mempermudah pengiriman produk Anda, serta memampukan Anda untuk memasarkan produk Anda lebih baik lagi dengan branding yang baik di social media. 

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah menjalani promo kekinian. Contohnya, paket bundling yang menarik atau giveaway dengan hadiah yang sesuai dengan tren. Misalnya, karena sekarang orang gencar bertransaksi dengan e-wallet, Anda bisa membuat promo giveaway dengan saldo e-wallet sebagai hadiahnya. 

Pivot Ke Kebutuhan Baru

Yang terakhir adalah dengan pivot usaha Anda ke kebutuhan baru. Anda bisa belajar dari beberapa kedai kopi. Sebelum pandemi, orang-orang cukup membeli kopi segelas. Namun saat pandemi, mereka membuat kemasan literan sehingga bisa dinikmati untuk mengisi hari-hari kerja dari rumah. 

Itulah beberapa tips usaha sukses saat pandemi. Apabila Anda butuh modal untuk usaha online Anda, BPKB-Ku SELFI jawabannya. Dapatkan pencairan hingga Rp25 juta untuk usaha online Anda tanpa jaminan dan tentunya dengan proses pencairan yang cepat. 

Yuk, ajukan pembiayaan untuk berbagai kebutuhan finansial Anda di BPKB-Ku Finance!

Leave a Comment